Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Kerja Jurusan Teknik Perminyakan

Peluang Kerja Jurusan Teknik Perminyakan

Tidak hanya hanya perusahaan yang berkaitan dengan minyak seperti Pertamina yang membutuhkan lulusan teknik perminyakan, akan tetapi perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan energi panas bumi seperti Perusahaan Geothermal Di Indonesia juga membutuhkan mereka. Hal tersebut di karenakan mengambil jurusan teknik perminyakan berarti kamu akan mempelajari pelajaran seputar matematika, kimia dan juga fisika yang akan sangat di butuhkan perusahaan tersebut. Tidak hanya itu saja, akan ada kurikulum pendukung seperti kelas bahasa dan ekonomi di luar topik-topik khusus teknik perminyakan. Tidak hanya keahlian teknis saja seorang teknik perminyakan menuntut kerja sama tim, menulis laporan dan proposal hingga memiliki skill komunikasi yang baik adalah salah satu keahlian yang dibekali semasa perkuliahan.

Para Mahasiswa dan mahasiswi juga akan belajar mata kuliah teknik dasar sebelum melanjutkan ke mata kuliah yang lebih khusus seperti misalnya geologi, pengeboran, penyimpanan minyak, alur cairan, produksi minyak, dan analisa cadangan minyak. Tidak hanya itu saja, mahasiswa teknik perminyakan juga akan mengikuti kegiatan praktikum di laboratorium seperti praktikum analisa inti batuan, analisa fluida reservoir, analisa lumpur pemboran, penilaian formasi, analisa semen pemboran, peragaan pemboran, peragaan produksi, uji sumur, dan sebagainya, maka dari itu penyedia fasilitas laboratorium haru memiliki barang yang di butuhkan dari distributor alat laboratorium agar kebutuhan para murid terpenuhi. Lalu kira-kira apa saja peluang kerja seorang lulusan teknik perminyakan?

1. Seorang Ahli

Apabila kamu memiliki hasil akademis yang bagus, memiliki pengalaman yang cukup juga analisa teori yang baik di bidang perminyakan, menjadi seorang ahli dapat menjadi pilihan kamu nanti. Banyak bidang yang dapat diisi oleh lulusan teknik perminyakan seperti Ahli Geologi, Ahli Geofisika, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan banyak bidang yang harus di kuasai seorang sarjana teknik perminyakan.

2. Petroleum Landman

Posisi ini bertugas untuk mendapatkan izin pemerintah dan menegosiasikan hak dari peternak, petani, atau pemilik tanah lainnya, sebelum diadakannya pengeboran minyak. Maka dari itu untuk menjadi seorang petroleum landman selain pengetahuan dasar perminyakan ia juga membutuhkan pengetahuan hukum dengan kemampuan komunikasi, penelitian, dan negosiasi.

3. Insinyur Pengeboran

Setelah suatu proyek sudah menyelesaikan hal-hal administratif termasuk perizinan yang di lakukan oleh seorang petroleum landman, tugas insyinyur pengeboran lah dalam mengestimasikan biaya sebuah proyek tersebut. Karena sebuah operasi pengeboran dapat memakan biaya jutaan dolar. Oleh karena itu, penting untuk menentukan cara yang terbaik dan ekonomis. Secara umum seorang Insinyur bertugas untuk bekerjasama dengan kontraktor pengeboran untuk mengkonfirmasi lokasi dan merancang prosedur yang paling efisien dan efektif untuk menyelesaikan tugas mereka.

4. Petroleum Accountant

Seorang petroleum accountant bertugas untuk menentukan nilai dari minyak dan gas yang berpotensi untuk diproduksi di masa depan, dan menentukan aset perusahaan.

Itu adalah beberapa contoh peluang yang dapat di tempati oleh lulusan teknik perminyakan. Tentunya masih banyak lagi posisi yang tersedia tergantung dari pada perusahaan tersebut. Selain itu jangan lupa sediakan rekening bank khusus seperti bank rakyat indonesia untuk menyimpan uang anda pada saat anda bekerja nanti.

Posting Komentar untuk "Peluang Kerja Jurusan Teknik Perminyakan "