Memanfaatkan Area Kosong Menjadi Ruang Doa

Error: written by: Kozze Soetanto

Masih ada ruangan yang masih belum terpakai? Yuk kita maksimalkan fungsinya menjadi ruang doa yang nyaman.

Sahabat Grya hampir semua kegiatan yang kita mulai dalam satu hari diawali dengan doa. Berdoa bukanlah sebuah kebutuhan, tetapi kewajiban sebagai umat beragama dalam berdialog secara vertikal dengan Tuhan.

Saat ini hampir di setiap pusat perbelanjaan menyediakan praying room agar pengunjung bisa melakukan kewajiban ibadah 5 waktu, dan function hall yang digunakan ibadah pada hari Sabtu dan Minggu. Nah, bagaimana di rumah Sahabat Grya? Kalau masih ada ruangan yang masih belum terpakai, yuk kita maksimalkan fungsinya menjadi ruang doa yang nyaman.
Sources: Google

Mushola di dalam rumah, fungsinya tidak hanya sebagai tempat sholat saja, namun bisa digunakan untuk tempat mengaji. Kelebihan mempunyai area sholat sendiri adalah apabila ada tamu, Sahabat Grya tidak perlu mengajaknya ke kamar pribadi untuk sholat.

Sources: Pinterest

Mushola sebaiknya tidak terlalu ramai dengan hiasan yang tidak perlu, pilihlah ornamen yang sederhana dengan aksen kaligrafi pada area sekeliling dinding atau pada area kiblat sebagai penentu arah. Sahabat Grya bisa menggunakan karpet berbentuk sajadah, maupun karpet polos untuk menutup lantai. Pilihlah lampu dengan pencahayaan cukup, jangan terlalu terang maupun gelap, agar Sahabat Grya lebih khusyuk dalam beribadah. Penggunaan warna-warna natural akan membuat suasana ruang semakin homey dan nyaman.

Sources: Pinteres

Membaca bible di pagi hari sebelum beraktivitas, memang bisa dilakukan dimana saja. Tetapi apabila Sahabat Grya mempunyai ruangan khusus di dalam rumah, bisa membuat ibadah Sahabat Grya lebih tenang, teratur dan tidak terganggu dengan hal lainnya. Tempatkan Cross Symbol dengan sorotan lampu yang cukup, sebagai pusat untuk Sahabat Grya berdoa. Beberapa lukisan dan pajangan simbolik untuk keperluan ibadah bisa dibuatkan rak khusus agar bisa tersusun rapi.

Sources: Pinteres

Memaksimalkan lahan yang ada untuk aktivitas penting, lebih baik dan bermanfaat daripada ruangan kosong hanya menjadi gudang dan tempat penyimpanan sementara saja.

Indonesia dengan penduduk yang multicultural, sudah seharusnya hidup berdampingan dengan rukun dan damai meskipun dengan adanya perbedaan.

Sources: Pinterest

Jika Sahabat Grya ingin berkonsultasi atau membutuhkan bantuan untuk mendesain ruang doa di dalam rumah, jangan ragu menghubungi Tim Desain GRYA.

comments powered by Disqus
Loading more...