5 Tips Mengolah Interior Minimalis ala Jepang

Error: written by: Kozze Soetanto

Kesederhanaan dan keseimbangan adalah konsep dasar desain interior bergaya Jepang. Bagaimana cara mengadopsi gaya minimalis Jepang ke dalam interior ruangan?

Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang menarik, tidak hanya dalam gaya hidup, fashion, teknologi dan kuliner, Seni arsitektur dan interiorpun juga sangat unik.

Arsitektur dan interior Jepang terlihat sangat khas dengan karakternya melalui penggunaan material yang konsisten, penggunaan bentuk-bentuk sederhana, terkesan bersih, rapi, menjunjung tinggi adat dan kebudayaan, dan memegang prinsip keseimbangan. Konsep kesederhanaan ini, bisa dikatakan gaya interior ala jepang adalah minimalis.

Nah kalau Sahabat Grya tertarik dan ingin mengadopsi gaya minimalis Jepang untuk dekorasi interior di rumah, simak tips berikut ini:

1. Warna
Palet warna yang selalu digunakan adalah mengambil dari elemen kayu dan batu. Beberapa warna coklat, bisa dipadukan dengan abu-abu, hitam, putih, dan sedikit warna merah untuk dekorasi.
Sources: Pinterest

2. Furniture
Kelebihan dari furniture ala Jepang adalah mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan ukuran standar yang biasa digunakan. Hal ini sangat berguna apabila ruangan kita tidak begitu luas, sehingga area sirkulasi lebih leluasa. Konsep lesehan pada ruang duduk adalah yang paling umum digunakan, Beralaskan tatami dan beberapa bantal untuk duduk dengan 1 meja besar berukuran rendah menjadi pusat untuk berkumpul, menerima tamu bahkan sebagai meja makan. Material yang sering digunakan adalah kayu, rotan dan bambu.
Sources: Pinterest

3. Lampu
Pencahayaan pada ruangan lebih berfokus pada aktivitas didalam ruangan tersebut. Task Lighting juga berfungsi sebagai general lighting. Penggunaan lampu dekoratif, seperti lampion bisa memperkuat nuansa Jepang.
Sources: Pinterest

4. Dekorasi
Karakter yang sangat kuat untuk interior bergaya Jepang adalah penggunaan panel dinding sebagai pembatas antar ruang. Dengan kombinasi kayu vertikal horisontal tanpa ornamen membuat ruangan terasa lebih unik namun tidak berlebihan.
Sources: Pinterest

5. Tanaman Hias
Suasana damai dan keseimbangan dari karakter interior khas Jepang adalah menghadirkan sedikit elemen alam di dalam rumah melalui tanaman hias, seperti bonsai atau tanaman hias yang lainnya.
Sources: Pinterest

Yang harus diperhatikan ketika Sahabat Grya ingin mendesain interior rumah ala Jepang, sebaiknya jangan terlalu banyak furniture dan aksen berlebih. Karena konsep desain Jepang sendiri adalah minimalis yang mengutamakan harmonisasi.

Kalau saat ini Sahabat Grya butuh bantuan dalam mendekor interior bergaya Jepang, Ceritakan saja idenya ke Tim Desain GRYA, kami akan membantu memberikan solusi yang terbaik.


comments powered by Disqus
Loading more...